Dilihat dari
penampilannya desain Vespa Corsa 125 memiliki bentuk tubuh yang klasik
modern seperti layaknya tongkrongan vespa matik terbaru. Dimensi
tubuhnya lebih kecil dari kebanyakan model Vespa lainnya karena
menggunakan platform Vespa Small Frame seperti pada Vespa PTS 90
maupun 100 cc. Wajah depannya mirip Vespa New PX dengan bentuk lampu
utama yang bulat dan sein di kedua sisi sayapnya. Jok pengemudi dan
penumpang dibuat menyatu dengan bentuk tubuh bagian belakang yang lebih
ramping karena desain mesin yang simpel dan box tempat ban cadangan yang
tidak menggelembung. Desain bagasi depan pun terlihat pas, sehingga
kaki pengendaranya bisa leluasa bergerak di area dek bawah.
Spesifikasi mesin Vespa
Corsa 125 yakni tipe 2-stroke berpendingin udara dengan kapasitas murni
sebesar 121,2 cc. Ukuran Bore x Stroke sebesar 55 x 51 mm dan
menghasilkan tenaga maksimum sebesar 6,87 horse power pada putaran mesin
5.600 Rpm. Sistem pencampuran oli sampingnya berlangsung secara otomatis dan untuk karburatornya
menggunakan merek yang biasa digunakan motor Vespa yakni merek DellOrto
Tipe 19E. Corsa menggunakan dual starter untuk menghidupkan mesinnya
yakni electric starter dan kick starter.
Bagian roda depan dan belakang Corsa menggunakan ban berukuran 3.00 x
10" dengan sistem rem tipe drum. Dengan spek mesin tersebut menurut
beberapa pemiliknya, Vespa Corsa 125 ini bisa digenjot hingga 90 km/jam,
sebuah angka yang cukup tinggi untuk penggunaan sehari-hari di dalam
kota.
Ada ciri khas menarik
dari skuter matik Piaggio Vespa pertama di Indonesia ini yang tidak
terdapat pada motor-motor matik sekarang, Vespa Corsa memiliki posisi
gigi netral yang berfungsi untuk mencegah motor langsung meloncat ketika
dihidupkan dengan menarik gas yang terlalu banyak. Jadi Corsa sangat
berbeda dengan skuter otomatis jaman sekarang yang bisa langsung tancap
gas ketika mesin menyala. Corsa 125 buata PT. DMI memiliki 2 mode posisi
gigi (gear position) yaitu mode 0 yang merupakan posisi gigi netral dan
mode 1 untuk berjalan, sehingga untuk membuatnya berjalan setelah
mesinnya hidup terlebih dahulu harus memindahkan posisi giginya ke mode
1.
Itulah ulasan kami mengenai sekelumit Vespa Corsa 125 sang pionir motor skuter matik Indonesia.
Hal ini juga sekaligus membantah anggapan sebagian orang bahwa skuter
matik pertama yang lahir di Indonesia adalah Yamaha Mio, padahal bagi
yang lahir tahun tahun sebelum tahun 80-an pasti mengetahui kehadiran
pertama Vespa Corsa tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar